Sinergi Co-Branding WI Tingkatkan Wisman/Wisman
Jakarta, Target News
Puluhan Artis Enterpreneurd sinergi Co-Branding Wonderful Indonesia
Puluhan artis menyambangi Kantor Kementarian Pariwisata untuk
melakukan sinergi Co-Branding Wonderful Indonesia, yang didahului dengan
penandatanganan Nota Kesepahaman (NK) dengan 21 brand artis entrepreneur dan
Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan 19 brand korporat berlangsung di Balairung
Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata
(Kemenpar), Selasa (14/11).
Pelaksanaan Co-Branding Wonderful Indonesia ini sebagai
kelanjutan dari program co-branding partnership Wonderful Indonesia Co-branding
Forum (WICF) yang telah menggandeng brand kenamaan Indonesia di dalam dan luar
negeri pada saat peluncuran WICF pada Agustus 2017 yang lalu. Sehingga mampu
meningkatkan brand equity dari brand WI di pasar global dan brand Pesona
Indonesia (PI) di pasar domestik dalam menopang terwujudnya sektor pariwisata
sebagai core economy Indonesia.
Langkah tersebut sebagai penetrasi pasar dan memperluas
exposure brand WI/PI dengan memanfaatkan market network yang dimiliki oleh
brand/perusahaan di pasar domestik maupun global sekaligus melakukan sharing
resources antara kedua brand yang ber-cobranding sehingga menghasilkan
penghematan biaya promosi yang substansial karena dengan berpartner maka biaya
promosi akan ditanggung secara bersama.
Target Kunjungan 20 juta Wisman & 275 Wisnus 2019
Menpar Arief Yahya mengatakan, dalam melakukan co-branding
WI dengan artis entrepreneur sebagai endorser akan sama-sama mengembangkan
kerjasama promosi melalui media jaringan yang dimiliki oleh
para endorser (infotainment) maupun media jaringan Kemenpar dalam rangka
mensukseskan target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan
pergerakan 275 juta wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air pada 2019
mendatang.
Artis entrepreneur di bidang usaha kue (cake) yang
melakukan co-branding dengan Wonderful Indonesia antara lain; Minang Mande Cake
milik artis Rossa ; Brand Banana Foster Cake milik artis Henki Kurniawan ;
Semarang Wingkorolls (Dewi Sandra); Rain Cake (Shireen Sungkar); Cinnamon
(Dhini Aminarti dan Dimas Seto); Scrummy (Dude Herlino); Premio (Baim Wong);
Bandung Kunafe (Irfan Hakim dan Omesh).
Selain itu brand Surabaya Patata (Ria Ricis dan Oki Setiana
Dewi); Reallycake (Prilly Latuconsina); Savvanacake (Fitri Carlina); Lenso
Manado (Gracia Indri); Cirebon Sultana (Indra Bekti); sedangkan bidang
fashion Urban Lips (Cathy Sharon); dan Cirebon Kelana (Ussy Sulistyowati).
"Senang bisa diundang ke sini (Kementerian
Pariwisata) untuk co- branding Wonderful Indonesia. Sebagai anak bangsa, aku senang
bisa ikut mempromosikan pariwisata Indonesia," ujar Prilly Latuconsina.
Menpar Arief Yahya memberikan apresiasi kerjasama
co-branding WI dengan artis entrepreneur yang dilandasi semangat Indonesia
Incorporated. “Branding pariwisata Indonesia tidak bisa dilakukan secara
sendirian oleh Kemenpar. Untuk mewujudkan brand WI di pasar global dan brand PI
di pasar domesik dibutuhkan kebersamaan dan sinergi seluruh elemen bangsa dalam
kerangka Indonesia Incorporated. Dengan kolaborasi dan bekerja bersama-sama
kita akan ‘bigger-broader-better together,” kata Menpar Arief Yahya.
“Inisiatif co-branding partnership ini untuk
memanfaatkan momentum meroketnya kinerja brand WI/PI yang terlihat dari brand
equity yang kini sudah sangat kokoh sebagai hasil pengembangan (building brand)
selama 2,5 tahun terakhir. Brand WI/PI kini kian melejit di tengah menurunnya
kinerja brand-brand pesaing regional,” kata Arief Yahya.
Tahun 2013 country branding Wonderful Indonesia
belum banyak memperoleh perhatian masyarakat dunia, ketika tahun 2015 mulai
dipromosikan secara masif ke seluruh dunia brand WI menjadi semakin dikenal dan
tahun lalu menurut referensi World Economic Forum (WEF) berada di peringkat 47
dunia atau mengalahkan brand Truly Asia Malaysia berada di peringkat 96 dan
brand Amazing Thailand di peringkat 83 dunia. (Buyil)
0 komentar:
Posting Komentar